Monday, December 29, 2014

MADU KLENGKENG

Klengkeng adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara, buah berwarna
coklat kekuningan dengan daging buah tebal rasanya manis dan sangat disukai masyarakat umum.

Madu klengkeng adalah madu yang dihasilkan oleh lebah ternak yang menghisap nekhtar bunga klengkeng, dengan cara menempatkan sarang dan membiarkannya menyebar dan mencari nekhtar klengkeng di perkebunan klengkeng, meskipun diwilayah tersebut tidak hanya nekhtar klengkeng yang tersedia, namun tingkat pencarian nekhtar klengkeng lebih mendominasi. madu ini sangat diminati oleh masyarakat karena rasanya yang manis lembut yang pas khas buah klengkeng.





apis mellifera
JENIS LEBAH
Madu klengkeng dihasilkan oleh lebah yang sudah bisa dibudidayakan biasanya yaitu jenis lebah ternak apis mellifera/lebah australia/lebah eropa atau jenis lebah ternak lainnya, namun masyarakat cenderung banyak menggunakan lebah ternak jenis apis melifera, karena perawatannya mudah dan madu yang dihasilkan juga baik dan cukup banyak, dengan ukurang tubuh yang sedang namun dalam satu koloni saja bisa terdapat 60-70ribu ekor lebah yang produktif.






TEMPAT BERSARANG
Untuk lebah jenis ini suka bersarang pada dahan-dahan pohon, didalam kayu tua, atau para peternak
lebah ini membuatkan kotak kayu untuk bersarang, ceranya dengan memasukkan sang ratu lebah maka lebah lain akan mengikutinya, kotak-kotak kayu tempat bersarang ini biasa diletakkan di daerah alam terbuka/outdoor dimana wilayah tersebut tumbuh subur tanaman-tanaman penghasil madu, cukup dibiarkan saja nantinya lebah pekerja yang akan pergi mencari sumber nekhtar, dengan cara beternak secara outdoor/diletakkannya sarang dialam bebas itu menghasilkan madu dengan kualitas dan kuantitas yang baik dibanding sarang yang diletakkan didalam rumah dan jauh dari sumber nekhtar.




KARAKTERISTIK MADU KLENGKENG
Madu klengkeng dan madu jenis ternakan lainnya di Indonesia mempunyai karakter yang hampir sama, ditandai dengan tingkat kekentalan madu yang memiliki kadar air rata-rata 18% atau 18 koma sekian % untuk kadar air yang lebih dari rata-rata biasanya dikarenakan pemanenan lebih awal sehingga menyebabkan tingkat kematangan nekhtar kurang.





CIRI FISIK MADU KLENGKENG
Madu klengkeng ditandai dengan beberapa ciri fisik seperti kadar air yang sudah secara singkat dibahas diatas, dan lainnya adalah seperti berikut .
- Rasa madu klengkeng itu sangat khas manis yang terasa pas sekali artinya tidak terlalu manis, namun tetap meninggalkan cita rasa yang nikmat dan lembut.

- Aroma madu klengkeng juga khas buah klengkeng, wangi dan sangat menggugah selera, semua orang tua maupun muda pasti suka dengan madu jenis ini.

- Warna madu klengkeng adalah coklat terang terkadang ada yang coklat gelap, beberapa faktor yang mempengaruhinya fator penyimpanan atau biasanya kandungan antioksidan juga mempengaruhi warna, semakin tinggi antioksidan yang terkandung didalam madu maka warnanya cenderung gelap. Namun semua itu tidak akan berpengaruh pada kualitas dan cita rasa.





TES KEASLIAN
Dengan mengetahui karakter dan ciri fisik madu klengkeng seperti dari segi kadar air,rasa, warna dan aroma, secara kasat mata sudah dapat memberikan anda informasi yang cukup untuk menentukan pilihan madu hutan yang baik.
Tapi disamping itu ada beberapa hal yang bisa membantu anda mengetahui mana madu kelngkeng yang baik dan cara tes keasliannya, berikut ulasannya.


tes dengan air




- Tes dengan air, caranya sebuah gelas didisi dengan air lantas ditungakan madu klengkeng secukupnya maka madu akan mengendap didasar/tidak langsung bercampur dengan air, metode ini sangat sering digunakan oleh masyarakat, namun metode ini sebenarnya adalah sebuah metode tes kadar air pada madu, sedang madu asli sendiri memiliki kadar air antara 18-20%, artinya madu klengkeng tetap bisa menggunakan metode tes seperti ini.






tes dengan piring


- Tes dengan dicampur air pada piring, metode ini cukup baik untuk memberikan informasi keaslian madu, caranya tuang madu klengkeng pada piring, lalu disusul dengan menuangkan air secukupnya, lantas piring digoyang-goyangkan, maka madu asli akan membentuk heksagonal seperti sarang lebah.






- Ditutup rapat pada botol plastik atau grigen, madu asli mengalami fermentasi dikarenakan kadar air alami yang cukup tinggi, sehingga membuat botol tersebut memiliki tekanan, istlah fermentasi sendiri sebetulnya kurang tepat karena proses fermentasi biasa terjadi pada makanan yang tercemar bakteri atau sengaja dicemari agar terjadi proses fermentasi yang diinginkan seperti pada proses pembuatan keju, yogurt, anggur, kecap, tape, tuak dll. Proses fermentasi pada bahan lain akan mengubah kualitas dan cita rasa, yang apabila dilanjutkan akan berakhir pada rusak atau busuknya bahan makanan. Namun lain halnya pada madu proses fermentasi hanya memuncukan busa dan gas saja, sama sekali tidak mengubah cita rasa dan kualitas madu, proses fermentasi pada madu tidak melibatkan bakteri, karena bakteri tidak dapat hidup didalam cairan madu, kesimpulannya fermentasi justru dapat dijadikan ukuran keaslian madu.




bisa anda bandingkan yang asli kan?
- Mengocok madu klengkeng, atau madu yang dilarutkan didalam air, hal ini akan menimbulkan buih halus sebagai indikasi madu asli, namun perlu diperhatikan buih yang dihasilkan madu asli sangat halus bukan seperti buih air mendidih.



- Paling akurat dan paling tepat adalah diuji dilaboratorium, tanda madu tersebut asli adalah memiliki kandungan Enzim Diastase Activity.




KHASIAT MADU KLENGKENG
Dengan mengkonsumsi secara rutin madu klengkeng, akan sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti :
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Memperlancar buang air kecil
- Menperkuat fungsi ginjal
- Menyembuhkan sakit pinggang
- Mempercepat penyembuhan luka dalam seperti luka pasca operasi
- Memperlancar fungsi otak

- Menyembuhkan luka luar (dioleskan pada bagian yang luka)
- dll.



Itu tadi tentang madu klengkeng, mudah-mudahan dapat memberikan sedikit wawasan bagi anda yang ingin tahu atau memang sedang ingin mencari madu klengkeng. Silahkan lihat informasi madu jenis lain pada menu yang tersedia, dan semoga bermanfaat.
Silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia bagi anda yang ingin melengkapi informasi ini, atau jika ada yang ditanyakan. terimakasih


Jika anda menyukai artikel ini, mungkin anda juga akan suka Ciri-ciri Madu Hutan Asli






No comments:

Post a Comment