Monday, January 5, 2015

KANDUNGAN MADU ASLI




MADU ASLI mengandung banyak mineral seperti kalsium, natrium, magnesium, alumunium, fosfor, besi, serta kalium, disamping itu vitamin-vitamin yang terkandung dalam madu antara lain Thiamin (BI), Robovlafin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, biotin , asam folat, asam pantotenat dan Vitamin K.


ENZIM
Selain itu madu juga mengandung enzim penting yaitu enzim diastase, invertase, glukosa, oksidase, peroksidase, dan lipase. Enzim diastase berfungsi mengubah karbohidrat komplek (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (monosakarida). Enzim invertase berfungsi untuk memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Enzim oksidase berfungsi untuk membantu oksidasi glukosa menjadi peroksida. Enzim  peroksidase berfungsi untuk melakukan proses oksidase metabolisme. Semua zat tersebut berguna untuk proses metabolisme tubuh.


NILAI KALORI
Nilai kalori madu sangat besar 3.280kal/kg, setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4kg kentang, dan 1,68 daging. selain itu madu juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan rendah lemak. kangdungan gula pada madu adalah 80% dan 85% nya dalah glukosa dan fruktosa.
Asam utama ada madu adalah asam glutamat, sementara itu asam organik pada madu antara lain asam asetat asam butirat, format, suksinat, glikolat, malat, proglutamat, sitrat, dan piruvat. Kadar air pada madu sesuai standart mutu nasional antara 17% hingga 22%.


GULA ALAMI
Gula alami yang terdapat pada madu disebut GULA INVERT yang berasal dari nekhtar bunga, mempunyai konsentrasi gula yang tinggi yakni glukosa dan fruktosa, Gula dalam madu mampu segera berasimilasi dengan darah dalam tubuh.


KEUNGGULAN GULA INVERT
- Segera berasimilasi dengan darah.
- Memiliki susunan kimia yang sederhana.
- Segera menghasilkan energi tanpa proses pencernaan.
- Memiliki kandungan ENZIM DIASTASE yang sangat bermanfaat, seperti :
- mencegah dan mentralisir bakteri merugikan yang masuk kedalam tubuh manusia, serta menjadikan tubuh kebal dari berbagai macam penyakit.
- mencegah dan menetralisir bakteri merugikan yang masuk kedalam madu memperkaya kandungan madu, sehingga semakin lama madu disimpan kualitasnya semakin baik/tidak rusak/tidak ada batas kadaluarsa.


MADU BAGI PENDERITA DIABETES
Berdasarkan penelitian, madu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan secara umum penderita diabetes yang menkonsumsi madu terjaga kesehatannya/selalu fit, dan kinerja semua organ tubuhnya lebih lancar.



Sumber : madumurnialami.blogspot.com

No comments:

Post a Comment