Thursday, January 1, 2015

MADU RANDU

pohon randu
Madu Randu dihasilkan oleh lebah ternak yang menghisap nehktar dari bunga pahon kapuk randu.
Kapuk randu (ceiba pentandra) adalah jenis pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan family Malvaceae, berasal dari bagian utara Amerika selatan, Amerika tengah dan Caribia. kata "kapuk" atau "kapok" digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya. Pohon ini juga sering disebut Kapas Jawa atau kapok Jowo.






JENIS LEBAH
lebah ternak
Jenis lebah penghasil madu randu adalah jenis lebah ternakan yang biasa digembalakan para petani
madu diwilayah pepohonan kapuk randu, lebah dibiarkan begitu saja untuk mencari sumber nekhtar, terkadang lebah ini mendapatkan nekhtar selain nekhtar randu namun karena nekhtar randu lebih mendominasi, maka dihasilkan madu randu atau madu kapuk randu.






panen madu
TEMPAT BERSARANG
tempat bersarang lebah ternak atau yang paling umum disebut apis mellifera adalah didahan-dahan
pohon, tak jarang ada didalam pohon yang sudah lapuk, tapi karena jenis madu ini sudah bisa dibududayakna oleh manusia maka disediakan kotak-kotak kayu untuk bersarang lebah dan menghasilkan madu. Penempatan kotak-kotak kayu sarang lebah yang paling baik adalah diluar ruangan atau dialam bebas karena lebah menjadi lebih produktif dan madu yang dihasilkan juga berkualitas.





CIRI-CIRI MADU RANDU
Madu randu yang baik mempunyai tingkat kekentalan antara 18%-19%, madu ini sangat cocok untuk digunakan mengobati panas dalam, disamping itu ada beberapa ciri madu randu, berikut ini ulasannya.
- Warna madu randu coklat bening/cerah, bila ditempatkan ditempat yang volumenya cukup besar maka madu ini akan berwarna coklat bening.
- Aroma madu randu adalah wangi bercampur segar agak sedikit menyengat namun dominan wangi segarnya, segar disini bisa diibaratkan kurang lebih seperti wangi vitamin C/sedikit asam.
- Rasa madu randu manis segar, sangat nikmat, sangat cocok untuk obat panas dalam atau campuran es teh, atau anda suka daging bakar madu? madu randu juaranya.





TES KEASLIAN
buih halus pada madu randu
Dengan mengetahui ciri-ciri madu hutan sudah cukup memberikan informasi yang baik, namun jika
anda baru mengenal madu randu, ada banyak tes keaslian secara kasat mata, salah satu cara yang cukup baik pakai tes dengan cara kocok madu randu tersebut, apabila muncul buih yang sangat halus maka kemungkinan besar itu asli, bisa juga dicampurkan dengan air secukupnya lalu dituang madu tersebut 3sdm lalu dikocok, maka juga akan menimbulkan buih halus sebagai tanda keaslian madu (ingat buih kecil halus, bukan buih besar-besar seperti air mendidih). untuk tes yang lain seperti mengendap didasar air, atau berbentuk heksagonal ketika digoyang-goyangkan pada piring yang ada airnya sepertinya kurang optimal karena warna madu ini cukup bening namun dengan ketelitian anda metode ini juga bisa digunakan. Namun jika ingin yakin madunya asli bisa dicek dilaboratorium terdekat, jika madu asli maka ada kandungan enzim Diastase activity.




KHASIAT MADU RANDU
Dengan menkonsumsi rutin madu randu akan membawa manfaat bagi kesehatan seperti :
- Meningkatkan daya tahan tubuh.
- Menyembuhkan luka
- Mengobati sariawan
- Meningkatkan nafsu makan
- Melancarkan fungsi otak
- Menyehatkan liver
- Menghilangkan bau mulut
- Mengobati demam, batuk dan pilek
- Sumber gizi balita
- dll




Itu tadi sedikit tentang madu randu, semoga bisa membantu anda memastikan jenis madu yang dipilih itu tepat dan asli, jika ada yang ingin ditanyakan atau malah ingin menambahkan/sharing ilmu melengkapi tulisan diatas, silahkan tinggalkan koment anda pada kolom dibawah, semoga bermanfaat. Terimakasih.

6 comments:

  1. Wah, banyak sekali manfaat yang didapat dari Madu Randu,

    Tambahkan satu lagi, dapat dijadikan sebagai OBAT BATUK ANAK HERBAL yang manjur dan aman

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. bisa hubungi saya di 0838 6967 77420, untuk update harganya mbak

      Delete
  3. Maa syaa Allah barokallahu fiik informasinya sangat bermanfaat 🙏

    ReplyDelete
  4. sy beli madu randu kok berbuih ya? buihnya halus gtu. apa krn guncangan saat pengiriman? tp dlm 1 paket saya membeli 2 jenis madu (madu randu& kelengkeng) tp yg berbuih m.randunya saja. apakah kl berbuih bisa being lgi?
    mohon penjelasanya syukron

    ReplyDelete