Wednesday, January 7, 2015

MADU RAMBUTAN

Rambutan adalah tanaman tropis yang termasuk didalam jenis lerak-lerakan berasal dari daerah
kepulauan Asia Tenggara, buah ini apabila sudah masak berwarna merah menghasilkan daging buah yang manis dan digemari oleh masyarakat.
Madu Rambutan sendiri adalah madu yang dihasilkan oleh lebah ternak yang produktifyang digembalakan diarea sekitar perkebunan rambutan dengan jarak ideal antara 2-3km dari perkebunan, dan dapat dipanen pada usia 12-14 hari.


JENIS LEBAH
jenis lebah penghasil madu rambutan adalah jenis lebah ternak, petani madu mayoritas menggunakan jenis lebah ternak apis mellifera atau lebah australia karena dianggap lebih produktif, banyak menghasilkan madu dan kualitas madu yang dihasilkan bermutu baik. Lebah madu mencari nekhtar bunga dalam hal ini bunga rambutan jengan jaran antara 2-3km dari sarang, semua dilakukan oleh lebah pekerja. Dalam 1 koloni lebah terdapat 60ribu hingga 70 ribu ekor lebah.


TEMPAT BERSARANG
Jenis lebah ini gemar bersarang didahan-dahan pohon, loteng dan dikotakkotak kayu yang sengaja disediakan petani madu untuk tempat bersarang lebah tersebut sehingga memudahkan pera petani madu dalam memanen madu tanpa harus bersusah payah memanjat pada tempat yang tinggi.


KARAKTERISTIK MADU RAMBUTAN
Jenis madu ini sama dengan jenis madu pada umumnya mempunyai kadar air sekitar 18% hingga 22%. Madu rambutan tergolong madu yang menggumpal pada leari es jika disimpan lebih dari 10 bulan, hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang tinggi pada madu jenis ini.


CIRI FISK MADU RAMBUTAN
Ciri fisik madu rambutan sudah sedikit disinggung diatas, dan dibawah ini adalah pelengkapnya, berikut ini ciri-ciri madu rambutan secara umum.
Rasa Madu Rambutan sangat manis karena didalam madu rambutan terdapat kandungan glukosa yang dominan dari fruktosa, hampir mirip juga dengan rasa madu klengkeng namun lebih manis.

Aroma Madu Rambutan harum, manis, segar, wangi khas buah rambutan, sangat menggugah selera dan sangat disukai anak-anak.

Warna Madu Rambutan coklat bening terkadang agak gelap dan memiliki buih halus pada permukaannya.


CIRI KEASLIAN MADU RAMBUTAN
Madu rambutan yang asli mempunyai aroma yang khas harum segar dan wangi khas rambutan karena setiap jenis madu mempunyai aroma khas masing-masing berdasarkan nekhtar yang dihisap.
Memiliki buih yang halus dan lembut bukan busa seperti air mendidih.
Mengeluarkan sedikit tekanan udara, jika ciri ini tidak ada bisa jadi ini madu olahan atau madu yang dimasak, maupun madu campuran.
Jika dijemur pada terik matahari maka akan muncul buih yang terus begerak naik jika madu tersebut ditempatkan pada botol.
Madu rambutan asli tidak ada kadaluarsa, justru semakin lama semakin matang dan nikmat.


MANFAAT MADU RAMBUTAN
dengan mengkonsumsi madu rambutan secara rutin maka akan berdampak baik pada kesehatan tubuh seperti :
- Menguatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit
- Sangat baik untuk ibu hamil untuk menguatkan kandungan.
- Memperlancar buang air kecil
- Menurunkan demam
- Menungkatkan kecerdasan otak khususnya untuk anak
- Mengobati anemia
- Menguatkan ginjal
- Mengobati maag
- Menyembuhkan luka bakar
- dll.



Itu tadi ulasan tentang madu rambutan, tidak banyak tapi mudah-mudahan tetap bermanfaat bagi anda yang ingin mencari madu rambutan, disamping itu jika ada yang ditanyakan atau bagi anda ingin menambahi pengetahuan tentang madu rambutan silahkan share pada kolom koment yang tersedia dan anda juga bisa cari tahu jenis madu lain dengan mengeklik pada menu diatas, terimakasih.

No comments:

Post a Comment