Wednesday, January 23, 2019

Cara Mengkonsumsi Madu Yang Benar

Hasil gambar untuk madu

Anda suka mengkonsumsi madu, namun masih bingung dengan cara mengkonsumsi madu yang benar? silahkan simak tulisan berikut.

Madu sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu, baik untuk merawat kesehatan maupun untuk mengobati berbagai penyakit. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman di dalam surat An-Nahl ayat ke 69 :

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Mengkonsumsi madu memang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, namun jika dikonsumsi dengan cara yang benar maka insya Allah hasilnya lebih optimal, berikut cara minum madu yang benar :
  1. waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi madu adalah pagi hari selepas bangun tidur dan malam hari menjelang tidur.
  2. kebiasaan rasulullah saat mengkonsumsi madu adalah dengan langsung mengambil madu kemudian mengulumnya hingga madu lumer dan bercampur dengan air liur beliau, kemudian ditelan, atau bisa juga dengan dilarutkan dalam air terlebih dahulu, dikarenakan madu mengandung fruktosa yang cukup tinggi.
  3. jika mengkonsumsi madu dengan cara dilarutkan dalam air, jangan menggunakan air panas maupaun air es dikarenakan dimungkinkan dapat merusak kandungan enzim dan nutrisi dalam madu tersebut, cukup larutkan dalam segelas air biasa, atau hangat lalu campurkan dengan 2-3 sendok makan madu.
  4. usahakan mengaduk dengan sendok atau sesuatu apapun yang tidak berbahan logam, karena dimungkinkan dapat merusak unsur-unsur alami yang ada pada madu.
  5. aduk secara merata berlawanan dengan arah jarum jam, atau searah dengan orang thawaf ketika haji dan umroh, insya Allah menghasilkan energi positif yang lebih banyak.
  6. berdoa sebelum mengkonsumsi madu dan usahakan dalam keadaan duduk.
  7. konsumsi madu yang asli dari penjual madu yang anda percaya, dengan demikian jika dikonsumsi secara utin akan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh anda dan keluarga.
mudah sekali bukan, mulai sekarang biasakan hidup sehat dan jika mengkonsumsi madu gunakan cara yang benar agar hasilnya lebih optimal untuk kesehatan.



No comments:

Post a Comment